Friday, May 23, 2008

MENAMPILKAN FILE / FOLDER YANG HILANG OLEH VIRUS

Hilangnya File atau Folder salah satunya disebabkan oleh virus dengan menggandakan file/folder yang asli, file atau folder asli tersebut yang di hilangkan oleh virus. Ketika kita menggunakan antivirus seringkali file/folder yang asli ikut kehapus sehingga virus hilang datapun hilangJ.Untuk menampilkan file yang asli dan menghapus virus secara manual berikut langkah-langkahnya :

Buka command prompt: Start –> All Programs –> Accessories –> Command Prompt.

1. Arahkan ke drive FD, misalnya terletak di drive F:, ketik “F:” (tanpa tanda petik tentunya) enter. akan muncul: F:\

2. Ketik: “attrib -s -h -r *.* /s /d” enter. Akan blank beberapa saat tergantung banyaknya file yang disembunyikan. setelah muncul prompt F:\ lagi, coba lihat FD pake Windows Eksplorer. sekarang kelihatan khan file dan folder yang hilang?

3. Jangan senang dulu, mungkin ada beberapa virus yang belum terhapus, sekarang klik menu View –> Details. Tampilan di windows akan berubah ke bentuk detail berdasarkan kolom: Name, Size, Type dan Date Modified.

4. Lebih baik Perintah “attrib -s -h -r *.* /s /d” ini jangan dilakukan per Dirve, Misalnya C: atau D:, akan tetapi per folder saja, misalnya: C:\my document , atau D:\Dataku dan lain sebagainya

5. Search file yang berekstensi *.exe dan *.scr..lalu hapus semua yang berekstensi .exe dan .scr

6. Untuk membuktikan ekstensi apa yang sedang di sandang, buka Explorer: klik menu: Tool –> Folder Options –> Tab View –> Pilih “Show hidden files and folders”, Hilangkan tanda centang “Hide extensions for known file types” dan juga “Hide protected operating system files (Recommended)”.

7. Untuk lebih gampang download software ansav, software ini bekerja dengan otomatis menampilkan folder/file yang hilang akibat virus.

No comments: